Sudomo, Pangkopkamtib yang Easy Going

Bookmark and Share

Sudomo, Pangkopkamtib yang "Easy Going"
JAKARTA, KOMPAS.com - Semasa hidupnya mantan Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) Laksamana TNI (Purn) Sudomo terkenal sebagai pribadi yang menyenangkan.

Hal ini diungkapkan salah satu anggota keluarga Sudomo bernama Joko saat ditemui di kediaman Sudomo, Jalan Sekolah Kencana IV, TM-19, Pondok Indah, Jakarta Selatan, (18/4/2012).

"Bapak memang orangnya easy going. Saya banyak belajar dari beliau," kenang Joko. Dia tak sempat bercerita banyak mengenai pribadi mantan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Kabinet Pembangunan V (1988 - 1993) di zaman Soeharto itu.

Di tengah kesibukan mengurus persiapan untuk pengajian,  Joko sempat mengungkap penyesalannya karena tidak tak sempat lagi berbagi cerita dengan Sudomo setelah ia dirawat di RS Pondok Indah, Sabtu (14/4/2012) pekan lalu.

Joko aget Sudomo bisa terkena serangan jantung. Pasalnya saat melakukan check up kesehatan di Singapura beberapa bulan lalu, kondisi jantung Sudomo dinyatakan sehat, tanpa gangguan. "Saya terakhir kali ketemu Bapak Jumat sore lalu beliau masih segar. Sabtu juga pagi masih ngobrol. Terakhir saya bicara Bapak juga kondisi juga baik," tutur Joko.

Sementara saat ini dari pantauan Kompas.com pihak keluarga tengah mempersiapkan tenda-tenda untuk menerima tamu yang akan melayat. Tampak beberapa tokoh TNI AL dan mantan Menaker Abdul Latief mendatangi rumah duka. Selain itu juga diadakan pengajian sejak pukul 13.00 tadi.

Sejumlah karangan bunga dari rekan Sudomo juga sudah tampak berjubel di halaman depan rumahnya. Sekitar rumah Sudomo saat ini juga dijaga ketat sejumlah petugas polisi dan anggota TNI AL.

Seperti diberitakan, tokoh Orde Baru itu mengembuskan napas terakhir di RS Pondok Indah, Jakarta, pada Rabu (18/4/2012) pagi. Lelaki kelahiran Malang pada  20 September 1926 itu, dirawat di rumah sakit akibat serangan stroke Sabtu (14/4/2012).

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar